Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SD Jombatan 2 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Rendra Wahyu Pradana Universitas PGRI Jombang Author

Keywords:

Ekstrakurikuler Olahraga, Percaya Diri

Abstract

Percaya diri adalah suatu sikap keyakinan kepada kemampuan dan nilai diri sendiri dalam melakukan sesuatu interaksi dengan lingkungan sosial, berisi suatu keyakinan diri dengan kekuatan, kemampuan diri dalam melakukan dan meraih kesuksesan, serta bertanggung jawab terhadap apa yang telah ditetapkan oleh dirinya.Tujuan penelitian menganalisis tingkat percaya diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga yang meliputi ekstrakurikuler olahraga individu dan ekstrakurikuler olahraga kelompok antara lain bola basket, futsal, karate, bola voli, sepak takraw dan pickleball. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Penelitiain non-eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan dimana peneliti sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk memberikan perlakuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 88 siswa terdiri dari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan jumlah 10 siswa, futsal 16 siswa, karate 10 siswa, bola voli 14 siswa, sepak takraw 15 siswa dan pickleball 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan dalam pengambilan data pada satu kelompok yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Jombatan 02 Jombang.

References

Anjarwati, Rani. (2020) Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Negeri Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi.

Depdiknas. (2007). Model Pengembangan Diri. Jakarta: P4TK Penjas dan BK.

Husdarta, HJS. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Kamnuron, Andri (2020) Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga SMA Negeri 1 Jatinangor Sumedang. Physical Activity Journal.

Khaeruman & Muhammad Saleh. (2016). Pengaruh Percaya Diri Siswa Terhadap Motivasi Belajar Kelas Xi (Sebelas) Ips Di Ma. Ashhabul Maimanah Sidayu. Jakarta Jurnal Kajian Keislaman.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurhasan, dkk. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa University Press.

Pramadya, Danny (2014) Perbandingan Perilaku Sosial Antara Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Cabang Olahraga Individu Beregu Dan Ekstrakurikuler Non Olahraga Di Sma Negeri 5 Cirebon. S1 THESIS, Universitas Pendidikan Indonesia.

Pamungkas, H.J., Festiawan, R, & Nurcahyo, P. J. (2019) Pengaruh Latihan Small Side Game Terhadap Kemampuan Long Pass Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1).

Sakti, G., & Rojali, Y. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Atlet Cabang Olahraga Taekwondo Dalam Berprestasi (Studi Pada Atlet Taekwondo Club BJTC, Kabupaten Tangerang). Jurnal Psikologi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winkel, W.S. (1985). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Yuyun, Y. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SD Jombatan 2 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024. (2024). MUTIARA PGSD, 1(2), 83-90. https://jurnal.sekawansiji.org/index.php/mutiarapgsd/article/view/23