Inovasi Pembelajaran Matematika: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Konkret untuk Siswa Kelas 2

Authors

  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Author
  • Adisti Maya Octaviana Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Author

Keywords:

Inovasi, Contextual Teaching and Learning, Media

Abstract

Penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media konkret dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas 2 SDN 1 Mimbaan. dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) membangun hubungan yang bermakna, (2) melakuka kegiatan inkuiri, (3) kegiatan bertanya, (4) ciptakan masyarakat belajar, (5) hadirkan model sebagai contoh pembelajaran, (6) lakukan refleksi diakhir pertemuan, (7) lakukan penilaian yang sebenarnya. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching an Learning (CTL) Berbantuan Media Konkret. Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga sekolah dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan oleh tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi pembelajaran, media pembelajaran juga diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret pada mata pelajaran matematika siswa kelas Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 40% setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konktekstuan berbantuan media konkret ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 73,33% dilanjutkan siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar.

References

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran.Jakara: GununngPersada Press

Paizaluddin. Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

R.M Soelarko. (2017) Media pembelajaran. Jawa timur: Pustaka Abadi

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyono. Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafril.Zen,zelhendri. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Kencana.

Teni Nurhazet. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 173.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Inovasi Pembelajaran Matematika: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Konkret untuk Siswa Kelas 2. (2024). MUTIARA PGSD, 1(1), 19-29. https://jurnal.sekawansiji.org/index.php/mutiarapgsd/article/view/7